Selasa, 26 April 2011

Persib Bandung Siap Pertahankan Gelar

JAKARTA - Babak enam besar Indonesia Super League (ISL) U-21 akan mulai digelar hari ini, di Stadion Gelanggang Mahasiswa Soemantri Brojonegoro Kuningan, Jakarta, hingga 26 April. Rencananya, babak final akan dilaksanakan pada 8 Mei.
Kemarin siang, undian dilakukan di kantor PT Liga Indonesia Kuningan. Fase enam besar dibagi menjadi dua grup. Sesuai drawing, juara bertahan Persib U-21 berada di Grup A bersama Persela Lamongan dan Persisam Samarinda. Sementara grup B ditempati PS Semen Padang, Persiwa dan Pelita Jaya.

Ditemui seusai undian, pihak Persib U-21 bertekad mempertahankan gelar juara yang direngkuhnya musim lalu. "Sebagai juara bertahan, target kami tentu ingin mempertahankan gelar juara yang kami dapat musim lalu," kata Pelatih Persib U-21, Eddy Jukardi, kepada wartawan. "Tapi kami tak akan memandang remeh lawan. Di grup kami, Persela dan Persisam adalah tim yang berkualitas," lanjutnya.

Di tempat yang sama, pelatih Persela Eddy Yunan Ahmadi mengakui timnya sebagai 'underdog' pada fase enam besar ini. Sebab Persela baru pertama kali lolos dari tiga musim kompetisi yang telah berlangsung. "Ini adalah prestasi tertinggi kami dan kami merasa sebagai tim underdog," katanya.

Pada musim-musim sebelumnya, tuan rumah babak enam besar dilakukan dengan proses bidding. Tahun ini PT Liga bertindak sebagai penyelenggaranya. Di ajang ISL U-21, PT Liga menyediakan hadiah Rp 150 juta bagi juara, Rp 75 juta untuk runner-up, dan Rp 50 juta (peringkat III). Pencetak gol terbanyak dan pemain terbaik masing-masing mendapatkan Rp 12,5 juta. "Seluruh pertandingan dapat disaksikan khalayak umum secara gratis," ujar Tigorshalom Boboy, Sekretaris PT Liga.

Ini adalah musim terakhir ISL U-21 digelar. Sebab mulai musim depan, keberadaannya akan digantikan oleh ISL U-18. Kenapa harus meniadakan ISL U-21? Menurut Tigorshalom Boboy, U-21 (sebenarnya) sudah masuk katagori senior. "Kami melihat kompetisi U-21 tidak banyak menghasilkan sesuatu, karena U-19 ke atas sudah masuk kategori senior," bebernya.

Saat ini, lanjut Tigor, PT Liga tengah mematangkan format kompetisi (mendatang) yang akan digunakan. Apakah akan memakai sistem grup atau satu wilayah. "Kami juga tengah menggodok ketentuan yang nantinya harus dipatuhi oleh peserta ISL. Di mana mereka harus memiliki 5-10 pemain U-21, dan setiap kali main beberapa dari mereka harus dimainkan," bebernya.

Hal itu, menurut Tigor, harus dilakukan supaya para pemain muda tersebut memiliki jam terbang cukup, dan tidak kedodoran saat dipanggil timnas. (ali)

Jadwal Pertandingan ISL U-21:
-Selasa (26/4): Persib v Persela, PS Semen Padang v Persiwa
-Kamis (28/4): Persela v Persisam, Persiwa v Pelita Jaya
-Sabtu (30/4): Persisam v Persib, Pelita Jaya v PS Semen Padang
*Pertandingan pertama mulai pukul 15.30 WIB, laga kedua mulai 19.00 WIB

sumber : jpnn.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar